7 Hal Postif yang Bisa di Kerjakan di Waktu Senggang


Siapa yang masih pengangguran? Menunggu pekerjaan? Atau lagi bingung mau ngapain? 

I have been jobless for more than a month and it was boring the beginning. But now I can handle it. So, here you are ! Top 7 low cost activities yang sangat positif untuk mengisi waktu luang mu. 

1. Olahraga 

Coba buka playstore dan download 30 days fitness challenge. Aplikasi ini memberikan contoh gerakan olahraga yang bisa dilakukan selama 30 hari. Selain menjaga tubuh mu tetap bugar, tentunya olahraga akan membuat mu berfikir lebih positif. Karena berolahraga mampu meningkatkan hormon endorfin atau yang dikenal dengan hormon kebahagiaan dan baik untuk otak Anda (kompas lifestyle.com). Jangan lupa sebelum memulai gerakan dari aplikasi ini saya mengambil pemanasan dulu dan pendinginan setelah selesai. Berikut video yang sering saya gunakan sebelum memulai fitness challenge saya:


Credit to Karolina for the mattress. Saya semakin rajin olahraga. 

2. Membaca alqur'an 

Ini buat teman-teman muslim yang merasa hari-harinya kosong dan hatinya sedih. Coba luangkan waktu untuk membaca alqur'an satu lembar setiap selesai sholat. Menurut pengalaman saya, membaca alqur'an tetap menjaga otak saya untuk berfikir karena saya masih kurang fasih membaca huruf arab. membaca alqur'an secara psikologi akan membuat perasaan menjadi tenang karena percaya Allah akan menjaga mu selalu karena amalan ini. Yang malas dan nda fasih seperti saya bisa merasakan manfaatnya, apalagi yang fasih dan rajin :') Coba sedikit-sedikit dulu, saya nd bisa jamin kalau ketagihan ya :)

Credit to akemi yang pertamakali mengajak baca qur'an di waktu senggang.

3. Menulis novel, blog atau vlogging.

Percayalah, menulis merupakan hobby yang murah meria. Berbekal ide dan komputer, kita bisa mulai menuliskan tentang berbagai hal. Mulai dari keseharian kita, learning point yang kita dapatkan hingga tempat wisata di sekitar kita. Hal ini pasti sangat membantu bagi orang-orang yang membutuhkan informasi tersebut. Satu hal yang selalu saya ingat "Jangan befikir apa yang akan kamu tulis tapi tulislah apa yang kamu fikirkan". Kamu juga juga mereview makanan atau apapun itu. 

4. Stay Connected 

Punya internet ? Punya social media ? Ayo mulai lah membangun virtual conversation. Jangan sekedar stalking dan skip instastory. Bisa mulai dengan "OMG! itu apa?" atau misalnya "HOI AIESEC" hahahahahhaha. Jangan lupa untuk yang sedang merantau, luangkan waktu menelfon orang tua. Yang sudah kehilangan orang tua, bisa mengirimkan doa dan tetap semangat! Mereka pasti senang punya anak dengan kegiatan yang positif.

5. Build your dream !

Berbekal buku gambar dan pensil warna, saya mulai menggambar mimpi2 saya. Biar lebih fokus dan merasa terarah Sejauh ini baru ada 4 gambar yang selesai digambar. Salah satu nya punya kolam renang di Makassar untuk publik ! One day ya, one day ! 

6. Start virtual movement  

Look at around you ! Kira-kira yang paling mengganggu hati kamu itu apa ? Atau coba cek SDGs dan tentukan isu yang paling kamu concern. Buat akun instagram dan mulai lah membagi pesan moral kamu. Jangan lupa ajak teman-teman kamu untuk mengikuti akun kamu. Viralkan ide kecil kamu ini. Lebih positif lebih bermakna :) Coba cek @stophateid sebuah gerakan kecil yang akan berimpact banyak untuk dunia. Selamat mencoba !

7. Nonton film

Coba google 10 inspiring movie dan mulailah mengisi waktu luang mu menonton film-film ini untuk membangkitkan semangat kamu. Kalau buat saya pribadi menonton film seperti menginvestasikan waktu. Saya juga sering membuka video yang membantu saya mendapatkan pengetahuan baru. Soalnya saya malas baca buku, kadang suka pusing liat kebanyakan huruf-huruf di novel. 


Nah, ini adalah beberapa hal positif yang bisa dilakukan. Beberapa hal yang mungkin bisa dicoba kalau kamu ada budget seperti memasak resep dari video tasty di youtube, berenangmembaca buku dan pastinya jalan-jalan

Kalau kamu punya list sendiri, monggo dibagi. Seperti biasa, tulisan diatas hanya lulus uji coba dari saya yang lumayan mager dan belum kaya. 

Stay positive and young ! 

Comments

Popular posts from this blog

Mr. Athirah and Katy :)

si JUDES yang pelit !!

HORRIBLE TIME FOR FLORIST !