TOEFL (Test OEntuk Fasih dan Lincah) :D

2 minggu lalu saya telah melalui tes TOEFL di kampus saya. Penyelenggaranya anak mahasiswa juga. Hasilnya cukup mengejutkan. Ternyata tesnya cukup sulit. Beberapa hari kemudian saya membaca artikel tentang hasil TOEFL yang diperoleh :

Berikut adalah cuplikan interpretasi Skor TOEFL (Test of English as a Foreign Language)
Skor TOEFL < 400 disebut Non User , dinilai belum mampu menggunakan bahasa Inggris dalam segala konteks/situasi/topik.

Skor TOEFL 400 – 449 disebut Extremely Limited User, dinilai hanya cukup untuk berkomunikasi yang sangat dasar sekali, itupun dengan bantuan lawan bicara.

Skor TOEFL 450 – 489 disebut Marginal User , dinilai pengguna bahasa yang pas-pasan yaitu hanya bisa menggunakan kalimat-kalimat pendek saja dan dalam bidang / konteks/situasi /topik yang sudah diketahuinya.

Skor TOEFL 490 – 529 disebut Modest User, dinilai pesan yang disampaikan cukup bisa dimengerti secara umum, secara khusus kurang jelas karena banyak kesalahan yang dibuat.

Skor TOEFL 530 – 559 disebut Competent User , dinilai dapat menggunakan bahasa Inggris secara lisan dan tulisan dengan berani dalam berbagai konteks/situasi/topik, walaupun disana-sini terlihat banyak kesalahan.

Skor TOEFL 560 – 609 disebut Good User, dinilai terampil berbahasa Inggris lisan dan tulisan secara effektif dalam hampir semua konteks/situasi/topik dengan sedikit kesalahan.

Skor TOEFL 610 – 644 disebut Perfect User , dinilai mampu menggunakan bahasa Inggris secara sempurna baik lisan dan tulisan secara effektif dalam konteks/situasi/topik apapun.

Skor TOEFL 645 – 670 disebut Native Speaker like User , dinilai dapat menggunakan Bahasa Inggris seperti penutur aslinya orang Inggris.

Dan saya termasuk dalam Extremely Limited User :(... tidak apalah. Ini baru pertamakali saya melihat soal dengan bacaan sepanjang ini. Tes TOEFL juga baru pertama kali saya lakukan :) nanti dicoba lagi deh. See U !

Comments

  1. yah sama, Extremely Limited User juga :D

    ReplyDelete
  2. hehehhehe., soalnya kita made in Indonesia kak :) lbih lancar apa kareba nya :D

    ReplyDelete
  3. GREAT, Jess! :)

    saya kemarin sudah tes TOEFL untuk keperluan kerjaan, cuma, saya nda tau berapa nilainya. Sayangnya sih gitu.

    ReplyDelete
  4. Iyaaaa, pasti score nya kak rizki lebih tinggi dr saya :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mr. Athirah and Katy :)

si JUDES yang pelit !!

HORRIBLE TIME FOR FLORIST !